Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen literasi dan numerasi guna mendukung pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang merupakan salah satu komponen utama dalam Merdeka Belajar. Melalui penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan, guru dibimbing untuk memahami esensi literasi numerasi serta mengembangkan instrumen asesmen yang mendukung pencapaian AKM. Program ini melibatkan 26 guru dari Forum Guru Penggerak Lhokseumawe, yang secara aktif mengikuti pelatihan intensif tentang penyusunan instrumen berbasis konteks, teknik identifikasi miskonsepsi, serta metode koreksi yang tepat. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal yang valid, relevan, dan berbasis pemahaman kontekstual. Tahapan pendampingan juga berhasil membantu guru menghasilkan instrumen numerasi berbasis kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kebutuhan AKM. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif pada kompetensi guru, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menerapkan pendekatan asesmen berbasis kompetensi di kelas. Program ini diharapkan dapat mendukung keberlanjutan peningkatan kompetensi guru dalam merancang instrumen AKM yang berkualitas, sehingga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Copyrights © 2024