Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik berbasis edukasi moral. Fokus dari program ini adalah mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan empati dalam pembelajaran serta kegiatan sosial di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan yang dilakukan selama program. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menilai dampak dari kegiatan terhadap sikap dan perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerja sama melalui kegiatan gotong royong. Kolaborasi antara sekolah, mahasiswa KKN, dan orang tua siswa turut mendukung keberhasilan pendidikan karakter. Kesimpulannya, pendidikan karakter dapat berjalan efektif apabila ada kolaborasi antara berbagai pihak dan pendekatan yang terintegrasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025