Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 10, No 2 (2024): December

Hubungan Konsep Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa

Jaenuri, Muhammad (Unknown)
Budiono, Arifin Nur (Unknown)
Karamoy, Yurike Kinanthy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

This research explores the relationship between self-concept and academic procrastination in Class Self-concept, as an individual's view of themselves, can also influence the level of academic procrastination experienced. This research involved 118 students as respondents, chosen randomly from a total of 170 students. The data collection method uses a questionnaire, with data analysis using the Pearson test. The analysis results show a significant relationship between self-concept and academic procrastination, with a correlation coefficient of 0.343. This value shows a positive correlation between the two variables, indicating that there is a unidirectional relationship between self-concept and academic procrastination. The findings of this research contribute to the understanding of the factors that influence academic procrastination in class X Accounting students. The implications of this research can be used as a basis for developing interventions aimed at reducing the level of academic procrastination among students. Future research is expected to deepen understanding of this relationship and identify more effective strategies for overcoming academic procrastination in students. In conclusion, this research confirms the existence of a relationship between self-concept and academic procrastination in Class X Accounting students at SMK 01 Diponegoro. Thus, related parties need to pay attention to self-concept factors in efforts to prevent and handle academic procrastination in the educational environment._____________________________________________________________Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep diri dan prokrastinasi akademik pada siswa Kelas X Akuntansi di SMK 01 Diponegoro. Prokrastinasi akademik, yang merupakan kecenderungan untuk menunda pekerjaan akademik, dapat menghambat kemajuan siswa dalam mencapai tujuan akademik mereka. Konsep diri, sebagai pandangan individu terhadap diri mereka sendiri, juga dapat mempengaruhi tingkat prokrastinasi akademik yang dialami. Penelitian ini melibatkan 118 siswa sebagai responden, dipilih secara acak sederhana dari total 170 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, dengan analisis data menggunakan uji Pearson. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara konsep diri dan prokrastinasi akademik, dengan koefisien korelasi sebesar 0.343. Nilai ini menunjukkan korelasi positif antara kedua variabel, menunjukkan adanya hubungan searah antara konsep diri dan prokrastinasi akademik.Temuan penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang faktor- faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik pada siswa kelas X Akuntansi. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan intervensi yang bertujuan untuk mengurangi tingkat prokrastinasi akademik di kalangan siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang hubungan ini dan mengidentifikasi strategi yang lebih efektif dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada siswa. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan adanya hubungan antara konsep diri dan prokrastinasi akademik pada siswa Kelas X Akuntansi di SMK 01 Diponegoro. Dengan demikian, penting bagi pihak terkait untuk memperhatikan faktor konsep diri dalam upaya pencegahan dan penanganan prokrastinasi akademik di lingkungan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...