Intansi harus melakukan berbagai macam strategi agar dapat bertahan dan terus berkembang dalam situasi bisnis yang penuh dengan tantangan saat ini. Salah satu strategi yang penting dilakukan adalah menguatkan employee engagement karena merupakan faktor yang mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan sehingga karyawan berkinerja tinggi dan pada ujungnya akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi employee engagement yang diterapkan oleh UNIVERSITAS XZX, sebuah perusahaan transportasi publik yang berkedudukan di Kabupaten X, dalam meningkatkan motivasi kerja karyawannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UNIVERSITAS XZX telah menjalankan beberap strategi employee engagement, yaitu program pemberian reward kepada karyawan berprestasi, pemberian program umroh bagi Karyawan yang bekerja lebih dari 10 tahun, pemberian pelatihan berkala dan program benchmark, program bounding seperti outbound, acara bugar bersama, dan pengajian mingguan; dan program komunikasi internal seperti townhall meeting.
Copyrights © 2025