Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Vol. 20 (2024): Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa & Sastra Indonesia (PIBSI XLVI) Universitas Muhamm

Model Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi Multikultural dan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas

Zulaeha, Ida (Unknown)
Kusnadi, Aan (Unknown)
Suratno (Unknown)
Setiani, Hasnah (Unknown)
Pristiwati, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Model Sugesti-Imajinasi pada pembelajaran menulis puisi berkonteks multikultural dan pendidikan karakter dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pembelajaran menulis puisi di SMA. Pemusatan konsentrasi belajar peserta didik dan pengembangan daya imajinasinya ketika mengekspresikan ide/gagasannya ke dalam bentuk puisi menjadi isu penting dalam makalah ini. Model ini dikembangkan dengan Research and Development model Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri Cicalengka Kabupaten Bandung. Analisis kebutuhan dilakukan melalui pengamatan kelas, angket guru, dan wawancara kepada guru dan peserta didik. Model Sugesti-Imajinatif direkomendasikan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi dimensi multikutural dan pendidikan karakter. Tahapan model Sugesti-Imajinatif, meliputi relaksasi, memotivasi pikiran, membangun emosi, pemrograman diri, mengekspresikan pikiran, dan merefleksikan hasil belajar. Hasil uji coba model menunjukkan persentase capaian ketuntasan keterampilan menulis puisi sebesar 75,7% atau cukup memuaskan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pssh

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Proceedings Series on Social Sciences & Humanities aims to publish proceedings from conferences on the scope: 1. Business, Management & Accounting 2. Social Sciences ...