Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguatkan pemahaman siswa terkait nilai multikultur yang terkandung dalam film kartun Sopo Jarwo sebagai salah satu media pembelajaran sastra berbasis digital di sekolah dasar. (2) Mengimplementasikan nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo sebagai aksi nyata projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui kemampuan berbahasa dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jati Gatak Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Data berupa frasa, kata, kalimat, dan wacana yang termasuk nilai-nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 dan keterampilan berbahasa siswa di sekolah yang bersifat komunikatif. Sumber data diperoleh melalui kepala Sekolah, guru dan siswa serta tayangan film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 yang diakses secara online melalui Youtube. Metode penelitian ialah kualitatif dengan pendekatan semiotik dan deskriptif interaktif Hasil penelitian menunjukkan (1) dengan adanya media pembelajaran sastra berbasis digital melalui film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 di sekolah dasar dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan berorientasi multikultural. (2) Aspek pengetahuan, ketrampilan, dan sikap siswa dominan berorientasi pada bahasa yang mengandung makna multikultur dan relevan dengan konten profil pelajar Pancasila, serta (3) kemampuan berbahasa siswa lebih santun dan komunikatif ditandai perilaku maupun tuturan yang menunjukkan esensi nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024