Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics
Vol 4 No 2 (2024): Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics

Pengaruh Islamic Marketing Mix dan Hedonisme Terhadap Minat Beli Pakaian Thrifting di Salatiga

Septiana, Nimas Ayu (Unknown)
Kurniawan, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Islamic Marketing Mix—product, price, place, dan promotion—terhadap minat beli pakaian thrifting di Kota Salatiga, dengan hedonisme sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (p=0.001). Namun, variabel price, place, dan promotion tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Lebih lanjut, variabel hedonisme memberikan kontribusi signifikan (p=0.000) terhadap peningkatan minat beli, namun tidak berhasil sebagai variabel moderasi dalam memperkuat hubungan antara elemen-elemen marketing mix dengan minat beli. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memasukkan elemen kepuasan pribadi dan kesenangan dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan efektivitas bauran pemasaran. Implikasi praktis dari temuan ini sangat relevan bagi para pelaku bisnis thrifting di Kota Salatiga untuk meningkatkan strategi pemasaran yang lebih bersifat personal dan menyenangkan sesuai dengan prinsip-prinsip hedonisme dan nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maqrizi

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics seeks to publish high quality, scholarly empirical research articles in management, strategic management, organization, entrepreneurship, operations management, human resource management, business and organization topics that test, extend, or ...