Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 6 No. 2 (2024): Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam: Membangun Karakter dan Kompetensi Relig

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menggunakan Metode Concept Mapping di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir

Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Metode concept mapping adalah metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak, permasalahan dalam penelitian ini Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menggunakan metode concept mapping di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data mengunaka Milles and Huberman. Realisasi metode concept mapping (peta konsep) pada mata Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir, hasil observasi mencapai angka 72,22% dan dikategorikan baik, karena terletak pada interval 61% - 80%. Sedangkan hasil wawancara adalah sebagai berikut: Tujuan pembelajaran mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Kompleksitas pencapaian tujuan ditentukan oleh tingkat kesulitan materi. Kegiatan pembelajaran didukung dengan buku-buku sumber yang relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...