Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih. Metode penelitian ini, dilakukan dengan cara pengumpulan data dari penggunaan video untuk menggantikan metode pengajaran tradisional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan pemahaman siswa hingga 25% dibandingkan dengan metode tradisional. Selain itu, media ini juga mampu meningkatkan motivasi siswa, keterlibatan, serta ketersediaan konsep melalui visualisasi konsep yang menarik dan lebih interaktif. Khususnya dalam Fiqih, Peserta didik di kelas dapat lebih mendalami aspek-aspek materi yang bersifat abstrak dan aplikatif (misal, rukun shalat, syarat zakat) dengan lebih mudah dengan menggunakan simulasi yang disajikan oleh video tersebut. Akan tetapi, video pembelajaran di dalam konteks yang diungkap sangat bergantung pada perangkat teknologi lengkap serta penguasaan guru dalam pengelolaan media pembelajaran tersebut. sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran cukup potensial untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran fiqih, dan berperan dalam upaya pembaharuan pendidikan Islam yang lebih inovatif dan aplikatif.
Copyrights © 2025