Kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan sekolah. Guru harus memiliki kompetensi yang baik yang dapat digunakan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kompetensi Pedagogik guru (2) Kompetensi Kepribadian guru (3) Kompetensi Profesional guru dan (4) Kompetensi Sosial guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Tente Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman. Dari penelitian dapat di simpulkan: (1) Kompetensi Pedagogik guru yang ada di SDN 04 Tente dalam point mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran masih sangat kurang. (2) Komptensi Kepribadian guru yang ada di SDN 04 Tente sangat baik. (3) Kompetensi Profesional guru yang ada di SDN 04 Tente masih sangat kurang. (4) Kompetensi Sosial guru yang ada di SDN 04 Tente sangat baik.
Copyrights © 2024