Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif terhadap penelitian kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis berdasarkan self efficacy, dengan membandingkan dan mensintesis dasar penelitian empiris mengenai topik tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis serta bagaimana tingkat self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review, dimana pencarian dan pengumpulan data menggunakan keyword “self efficacy” serta “kemampuan pemahaman konsep matematis”. Peneliti kemudian memilih item data sesuai kriteria inklusi, menganalisis data, dan selanjutnya mengambil kesimpulan penelitian yang valid. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis serta tinggi-rendahnya tingkatan self efficacy juga memiliki peran terhadap kemampuan mereka dalam memahami konsep matematis. Semakin tinggi self efficacy yang dimiliki peserta didik, semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam memahami konsep matematika.
Copyrights © 2024