Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang dilakukan dalam dua siklus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penggunaan media pembelajaran pop up book pada kelas IV A SDN Srimahi 03 Tambun Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada asessmen awal adalah 36,85 dan mengalami peningkatan pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,62. Persentase peningkatan dari asessmen awal ke tahap siklus I yaitu 37%. Peningkatan selanjutnya pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata akhir sebesar 80. Persentase peningkatan dari tahap siklus I ke tahap siklus II yaitu mencapai 59%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDN Srimahi 03, Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam menerapkan berbagai media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024