El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 7 No 2 (2024): El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELALUI MEDIA POP UP BOOK

Gofur, Muhamad Abdul (Unknown)
Qamara, Tsaqfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang dilakukan dalam dua siklus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penggunaan media pembelajaran pop up book pada kelas IV A SDN Srimahi 03 Tambun Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada asessmen awal adalah 36,85 dan mengalami peningkatan pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,62. Persentase peningkatan dari asessmen awal ke tahap siklus I yaitu 37%. Peningkatan selanjutnya pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata akhir sebesar 80. Persentase peningkatan dari tahap siklus I ke tahap siklus II yaitu mencapai 59%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDN Srimahi 03, Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam menerapkan berbagai media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...