ScienceEdu : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 7 No 2 (2024)

Penggunaan Animasi stop-motion oleh Siswa SMP dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Energi

Aristanti, Iftitah (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Bachtiar, Rayendra Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Dalam pendidikan fisika, banyak konsep abstrak seperti energi tidak dapat diamati secara langsung, sehingga memerlukan metode pengajaran yang secara efektif menyampaikan ide-ide abstrak tersebut. Studi ini mengeksplorasi bagaimana siswa yang membuat animasi stop-motion dapat membantu mengembangkan pemahaman mereka tentang konsep energi. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, metodologi penelitian ini melibatkan lima tahap: persiapan, pengenalan, pengenalan fenomena, pembuatan animasi, dan diskusi. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam animasi stop-motion memfasilitasi pengembangan pemahaman mereka tentang konsep energi. Penelitian ini menyoroti bahwa kreasi desain fase oleh siswa membantu mereka memvisualisasikan aspek energi momen demi momen dalam gerakan bola tenis, yang menumbuhkan pemahaman yang beragam di antara siswa. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi peran proses chunking dan sequencing dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Scedu

Publisher

Subject

Education Other

Description

ScienceEdu journal is a journal for all of researches in science education field which is established by Science Education, University of Jember. ScienceEdu will support science education researches that focus on curriculum of science education included its policy and regulation, science teaching ...