Penelitian menjelaskan tentang pengembangan meningkatkan kemampuan motorik, kognitif, emosional dan meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini dengan menggunakan metode penelitian, diantaranya penelitian yang dilakukan (mengembangkan model pembelajaran permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan kognitif anak. Permainan menggunakan kelas kontrol pada kelompok B TK Kelompok Guru Boasiko. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainanmemberikan pengaruh yang merangsang kemampuan motorik kasar anak dan pembelajaran lebih menyenangkan dan partisipatif anak. Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi di TKK yang berada di kelompok guru Boasiko, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo di peroleh hasil bahwa proses belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi pada dasar Anak Usia Dini sudah diterapkan di sekolah masing-masing. Guru harus menyiapkan modul ajar dan media dari bahan alam untuk belajar sambil bermain, seperti: Kartu Huruf, Kartu angka, biji batu, Congklang, Belajar menggunakan bahasa tubuh.
Copyrights © 2024