Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak

PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA SD

Inayati, Arifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 4 SD Negeri Wates 01. Metode drill dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data diambil melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode drill pada kegiatan membaca berjalan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Terbukti dengan antusias peserta didik dalam menyetorkan bacaannya secara berulang-ulang setiap hari sehingga peserta didik mengalami peningkatan dan perubahan yang signifikan dalam membaca. Penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif upaya untuk membantu proses pengembangan kemampuan anak menggunakan metode drill khususnya membaca atau kemampuan lainnya. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu ...