Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 9 Tambun Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul berbantuan flipbook pada pembelajaran sosiologi untuk kelas XI SMA, 2) mengungkapkan tingkat kelayakan dan kepraktisan e-modul berbantuan flipbook pada mata pelajaran sosiologi untuk kelas XI SMA, (3) mengetahui efektivitas e-modul berbantuan flipbook dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada langkah pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan terdiri dari define, design, development dan dessaminate. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berupa analisis hasil observasi dan wawancara serta analisis data kuantitatif berupa analisis data tes hasil belajar dan angket yang diberikan kepada 4 orang ahli dan 34 peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Tambun Selatan. Teori yang digunakan adalah teori kognitivisme Jean Piaget. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul berbantuan flipbook layak dan praktis untuk kegiatan pembelajaran sosiologi. Pelaksanaan dan penggunaan e-modul berbantuan flipbook secara umum terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon positif dari peserta didik dan guru sosiologi. Selain itu, e-modul berbantuan flipbook dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik karena terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan dari hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e-modul berbantuan flipbook.
Copyrights © 2024