Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 63 Ponjalae Baru dalam membaca huruf hijaiyyah akibat kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis alat peraga Mencohariya guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyyah. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE yang melibatkan lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan tes, yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mencohariya sangat layak digunakan, dengan validasi media memperoleh skor 100%, validasi materi sebesar 71,8%, dan tingkat efektivitas yang tinggi berdasarkan respon siswa sebesar 81%. Meskipun hasil menunjukkan media ini efektif, penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah subjek dan lokasi penelitian yang terbatas. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi uji coba pada populasi yang lebih luas, penerapan di berbagai sekolah, dan pengembangan media berbasis teknologi digital untuk memperluas efektivitas dan aksesibilitas pembelajaran huruf hijaiyyah.
Copyrights © 2024