Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 3, No 4 (2024): Oktober-Desember

MENINGKATKAN RASA KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK SENI TARI DENGAN PBL DI UPT SPF SMPN 26 MAKASSAR

Dewi, Eka Aristya (Unknown)
M, Rahma (Unknown)
Lake’, Iqnasius (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran praktik seni tari di UPT SPF SMP Negeri 26 Makassar melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan 30 siswa. Pada siklus pertama, hanya 8 siswa (26,67%) yang berhasil mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan, sementara 22 siswa (73,33%) belum mencapai nilai yang diharapkan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, penerapan PBL menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 25 siswa (83,33%) berhasil memenuhi standar ketuntasan, sementara hanya 5 siswa (16,67%) yang belum mencapai hasil yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran praktik seni tari, meskipun beberapa perbaikan perlu dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Peningkatan keterlibatan aktif siswa dan dukungan yang lebih intensif menjadi faktor kunci keberhasilan dalam siklus kedua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...