Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran praktik seni tari di UPT SPF SMP Negeri 26 Makassar melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan 30 siswa. Pada siklus pertama, hanya 8 siswa (26,67%) yang berhasil mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan, sementara 22 siswa (73,33%) belum mencapai nilai yang diharapkan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, penerapan PBL menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 25 siswa (83,33%) berhasil memenuhi standar ketuntasan, sementara hanya 5 siswa (16,67%) yang belum mencapai hasil yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran praktik seni tari, meskipun beberapa perbaikan perlu dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Peningkatan keterlibatan aktif siswa dan dukungan yang lebih intensif menjadi faktor kunci keberhasilan dalam siklus kedua.
Copyrights © 2024