Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 3, No 4 (2024): Oktober-Desember

IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK

Pratiwi, Eka Reski (Unknown)
M, Rahma (Unknown)
Lake', Ignasius (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar seni budaya di kalangan peserta didik SMP Negeri 26 Makassar. Hasil studi pendahuluan di kelas VII menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dalam belajar seni budaya tergolong rendah. Pembelajaran yang diterapkan tidak mengaitkan materi dengan kondisi peserta didik, seperti pengalaman, lingkungan, sosial, dan budaya mereka, yang menyebabkan rendahnya partisipasi dan motivasi belajar. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh guru adalah membuat pembelajaran seni budaya lebih menarik, salah satunya dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT adalah pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan referensi budaya peserta didik sebagai sarana untuk mempelajari materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar seni budaya, yang tercermin dari observasi awal, siklus 1, hingga akhir siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT dalam pembelajaran seni budaya efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...