Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang berbasis pada proyek dimana siswa belajar melalui keterlibatan aktif dalam proyek yang memerlukan penelitian,pemecahan masalah, dan penerapan pengetahuan untuk menghasilkan produk atau solusi yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguraikan bentuk Model Project Based Learning (PjBL) yang dapat meningkatkan solidaritas siswa di kelas VIII SMPN 24 Makassar. (2) Menganalisis peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan solidaritas siswa terhadap siswa dalam konteks pembelajaran seni tari kelas VIII di SMPN 24 Makassar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan sebagai perbaikan dan peningkatan praktek pembelajaran, membantu para pendidik untuk mencari solusi terhadap masalah pembelajaran dan meningkatkan kolaborasi antar peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan solidaritas siswa di kelas VIII SMPN 24 Makassar dalam konteks pembelajan seni tari dimulai dari tahap penentuan project, guru bersama peserta didik menentukan tema atau topik projek, kemudian tahap perancangan langkah-langkah penyelesaian projek, guru memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta pengelolaannya, selanjutnya tahap penyusunan jadwal pelaksanaan projek, dimana guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya. Tahap penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru, disini guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan rancangan projek yang telah dibuat, selanjutnya tahap penyusunan laporan dan presentasi hasil atau publikasi hasil projek, guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil projeknya, dan yang terakhir tahap evaluasi proses dan hasil projek, dimana guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil projek. Rata-rata hasil obervasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,5 (Baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,7 (Baik Sekali). Artinya model Project Based Learning dapat meningkatkan solidaritas siswa pada pembelajaran seni tari kelas VIII SMPN 24 Makassar.
Copyrights © 2024