ABSTRAK –Waktu yang tersedia untuk kegiatan praktek pembelajaran pembuatan busana industri tidak cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan media pendidikan yang digunakan, Jobsheet, tidak menarik dan mudah diakses, sehingga sulit bagi siswa untuk memahaminya secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas XI SMK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembanagan Four-D. Seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Busana adalah subjek penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat. Deskriptif statistik kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul sangat praktis, dengan nilai rata-rata 88 dan validitas 0,84, yang lebih besar dari 0,67. Modul juga dianggap sangat praktis berdasarkan respons siswa, dengan nilai rata-rata 84.Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa modul dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan aspek pengetahuan siswa. Hasil tugas pembuatan busana rumah anak menunjukkan bahwa modul ini efektif meningkatkan pengetahuan siswa. Kata Kunci: Modul, Pembuatan Busana Industri
Copyrights © 2024