Maddana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Workshop in house training asesmen diagnostik gaya belajar bagi guru di Sekolah Penggerak SMAN 1 Anjir Muara

Farial (Unknown)
Handayani, Eka Sri (Unknown)
Danu, Angga Taufan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelaksanaan Workshop In House Training Asesmen Diagnostik Gaya Belajar bagi guru di SMAN 1 Anjir Muara, salah satu Sekolah Penggerak yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Asesmen diagnostik memainkan peran penting dalam membantu guru memahami karakteristik belajar siswa, termasuk kelemahan, kekuatan, minat, motivasi, serta gaya belajarnya. Dengan pemahaman tersebut, guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Workshop ini dilaksanakan selama 40 jam dengan metode partisipatif, melibatkan 22 guru, dan menggunakan berbagai pendekatan, seperti ceramah, simulasi, dan praktik langsung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan asesmen diagnostik serta menyusun rencana pembelajaran berbasis gaya belajar siswa. Kesimpulannya, workshop ini berhasil memperkuat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan berpusat pada siswa sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maddana

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi. Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia, teknologi tepat guna, dan ...