Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padalarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berhasil meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dengan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Faktor pendukung utamanya adalah komitmen guru dan dukungan fasilitas sekolah yang memadai, seperti ruang kelas yang fleksibel dan akses ke sumber belajar. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, termasuk keterbatasan waktu dan beban administrasi yang tinggi, serta kesulitan dalam menilai aspek afektif dan psikomotorik siswa secara obyektif. Kesimpulannya, meskipun model ini memiliki potensi yang besar, model ini membutuhkan pengembangan rubrik penilaian yang lebih akurat dan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kontekstual di sekolah.
Copyrights © 2023