AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 3 (2023): Juni

Eksplorasi Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Islam di SMPN 4 Padalarang

Fitriah, Fitriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Padalarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berhasil meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dengan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Faktor pendukung utamanya adalah komitmen guru dan dukungan fasilitas sekolah yang memadai, seperti ruang kelas yang fleksibel dan akses ke sumber belajar. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, termasuk keterbatasan waktu dan beban administrasi yang tinggi, serta kesulitan dalam menilai aspek afektif dan psikomotorik siswa secara obyektif. Kesimpulannya, meskipun model ini memiliki potensi yang besar, model ini membutuhkan pengembangan rubrik penilaian yang lebih akurat dan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kontekstual di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...