Latar belakang penelitian ini adalah kinerja guru yang belum optimal sehingga memerlukan wadah yang dapat menjembatani peningkatan mutu pendidikan khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI),yang merupakan salah satu fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. KKMI memiliki fungsi sebagai perencanaan, yaitu mempersiapkan segala sesuatu dipandang perluuntuk dikembangkan secara koordinatif guna mencapai keseragaman dalam pembinaan pendidikan , koordinasi kerjasama pendidikan secara terpadu guna mengembangkan program pengajaran di madrasah masing-masing, penyelenggaraan, yaitu pelaksanaan secara terpadu terhadap pengembangan pendidikan pada umumnya dan pengembangan bahan pengajaran,metode,alat pelajaran dan lain-lain. Tujuan KKMI IV membina guru melalui asosiasi kependidikan dengan sistem pendidikan yang dapat mengadaptasi perkembangan kebutuhan lingkungan.Hal ini didasarkan pada realita dinamika dan kompleksitas kehidupan masyarakat dimana tenaga pengajar melaksanakan profesinya.Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut, maka pembinaan kemampuan profesional guru ditujukan agar tenaga pengajar mampu mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Tujuan penelitian ini secaraumum ingin memperoleh gambarantentang Manajemen Kelompok Kerja Madrasah Dalam meningkatkan Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Sedang tujuan khususnyauntuk mengetahui Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelompok kerja madrasah dalam meningkatkan kinerja guru kelas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriftif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Copyrights © 2021