Permasalahan supervisi yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Babakan Loa dan Madrasah Ibtidaiyah Al Ba’at Pamulihan Kabupaten Sumedang merupakan permasalahan yang belum terpecahkan, sejalan dengan kompleksitas perubahan-perubahan yang yang sangat cepat, hal ini terjadi karena belum optimalnya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Babakan Loa dan Madrasah Ibtidaiyah Al Ba’at Pamulihan Kabupaten Sumedang. Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah terus diupayakan baik melalui supervisi akademik maupun manajerial, akan tetapi belum memberikan dampak yang optimal bagi pengembangan mutu pembelajaran baik ditinjau dari sisi mutu proses maupun output hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang; 1) perencanaan manajemen supervisi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam, 2) pelaksanaan manajemen supervisi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam, 3) evaluasi manajemen supervisi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam, 4) apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen supervisi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Babakan Loa Dan Madrasah Ibtidaiyah Al Ba’at Pamulihan Kabupaten Sumedang
Copyrights © 2021