Pendidikan membentuk potensi menjadi kompetensi, berfungsi sebagai perjalanan kreatif menuju penemuan jati diri. Di antara tantangan yang dihadapi Kepala Madrasah, kualitas guru menjadi prioritas utama. Sebagai pemimpin pendidikan, Kepala Madrasah bertanggung jawab memastikan pelaksanaan kurikulum, pemanfaatan sumber daya, rekrutmen siswa, kolaborasi dengan orang tua, dan pencapaian hasil yang diinginkan. Penelitian ini mengkaji implementasi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MA Al Munir Baginda, Sumedang, sesuai dengan Permendiknas No. 19 Tahun 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai: 1) Tujuan; 2) Implementasi standar; 3) Evaluasi; dan 4) Faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kinerja guru dan staf administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi standar melibatkan pengembangan, motivasi, dan penyelarasan dengan tujuan organisasi, dengan pengembangan profesional yang berkelanjutan sesuai peran. Evaluasi menyeluruh mencakup semua aspek manajemen pendidikan, termasuk teknis, keuangan, dan administrasi. Faktor pendukung meliputi banyaknya guru bergelar sarjana, pengembangan profesional wajib, dan lingkungan yang mendukung, sedangkan tantangan meliputi ketidaksesuaian keahlian guru, siswa dari latar belakang ekonomi rendah, dan berkurangnya waktu pengajaran karena pelatihan eksternal.
Copyrights © 2023