AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2023): Februari

Pembelajaran PAI melalui Metode Daring dalam Penguatan Karakter Peserta Didik

Domo, Domo (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan pada sektor pendidikan di Indonesia, mengharuskan perubahan dalam proses pembelajaran, terutama dalam metode penyampaian materi. Pemerintah merespons situasi ini dengan mengeluarkan pedoman untuk penyelenggaraan pembelajaran dari rumah, memperkenalkan metode pembelajaran daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan lokasi penelitian di dua sekolah, yaitu SDN Kebonjati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Kebonjati secara sistematis menerapkan metode pembelajaran daring dengan melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian untuk memperkuat karakter peserta didik. Namun, permasalahan yang muncul adalah kurangnya antusiasme peserta didik, yang disebabkan oleh adaptasi yang belum optimal terhadap metode pembelajaran daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...