AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 13 No. 1 (2024): Oktober

Integrasi Pengetahuan Arah Kiblat dalam Pendidikan Islam: Kerangka Pedagogis untuk Meningkatkan Pemahaman Keagamaan

Maula, Muhammad Syakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Mengintegrasikan pengetahuan arah kiblat ke dalam pendidikan Islam dapat meningkatkan pemahaman keagamaan dan memperkaya kurikulum dengan pendekatan interdisipliner yang mencakup konsep geografis dan astronomis. Dalam konteks ini, pengajaran arah kiblat tidak hanya merupakan aspek teknis, tetapi juga merupakan upaya untuk membangun pemahaman spiritual dan ilmiah yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan pedagogis praktis dalam integrasi ini dan mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman siswa tentang ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Narasumber yang diwawancarai meliputi pendidik, siswa, dan pakar pendidikan Islam. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang berkaitan dengan penerapan pengetahuan arah kiblat dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan pengetahuan arah kiblat melalui pendekatan interdisipliner dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep agama dan sains. Pendekatan pedagogis yang inovatif, seperti pembelajaran kontekstual, diskusi kelompok, dan multimedia, secara efektif mendorong keterlibatan siswa dan meningkatkan retensi pengetahuan. Siswa yang belajar melalui metode-metode ini menunjukkan peningkatan fokus pada ibadah dan apresiasi yang lebih dalam terhadap ajaran Islam. Mengintegrasikan pengetahuan arah kiblat dalam pendidikan Islam memiliki dampak positif terhadap pemahaman agama siswa. Penggunaan pendekatan interdisipliner dan strategi pedagogis yang inovatif meningkatkan kualitas pendidikan dan menghubungkan siswa dengan iman mereka dengan cara yang lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum yang menggabungkan ajaran agama dengan pengetahuan ilmiah dan pelatihan profesional bagi para guru untuk mendukung penerapan strategi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...