Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bimbingan permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying di kelas V tingkat SD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan 4 tahapan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying di SD dinyatakan valid dengan kategori baik dan layak diterapkan berdasarkan uji validitas dan uji kepraktisan. Penilaian ahli materi dengan persentase skor 90%, ahli media dengan persentase skor 89%, praktisi BK dengan persentase skor 87%, Uji coba kelompok kecil oleh siswa dengan hasil persentase skor 89%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa produk media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying sudah memenuhi kriteria layak dan valid untuk digunakan sebagai media bimbingan dalam layanan bimbingan dan konseling di tingkat Sekolah Dasar.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024