Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh komunitas virtual IbuSibuk, serta menganalisis interaktivitas, peran anggota, dan pola komunikasi pada komunitas virtual Ibusibuk dalam upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan. Computer Mediated Communication (CMC) merupakan payung teori dari penelitian ini yang didefinisikan secara klasik sebagai proses komunikasi antara manusia melalui berbagai perantara komputer. Penelitian ini didasarkan pada paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode netnografi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara tipologi komunitas virtual, IbuSibuk merupakan komunitas virtual yang terbentuk karena sponsor dari organisasi sehingga mumpuni secara program pemberdayaan. Dalam prosesnya, pemberdayaan pada komunitas IbuSibuk dilakukan sesuai dengan unsur-unsur pemberdayaan digital, yaitu: brand story, brand mission, product sample, community development, mixed media, memorable content and packaging. Upaya pemberdayaan yang dilakukan berupa pelatihan baik secara online maupun offline, serta pemberian akses terhadap pekerjaan sebagai momfluencer. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi bagi para ibu. Pemberdayaan pada komunitas virtual ini tidak terlepas dari interaktivitas dan peran anggota di dalamnya. Secara praktik, interaktivitas yang terjalin pada komunitas ini menerapkan interaktivitas user to system, user to user, dan user to document dengan pola komunikasi yang berbeda sesuai dengan tujuan komunikasinya. Interaktivitas anggota pada program pemberdayaan menjadikan kesempatan dan jaringan yang lebih luas bagi para anggotanya.
Copyrights © 2025