Efisiensi dan efektivitas merupakan aspek krusial dalam mencapai keberhasilan bisnis. Kedua aspek ini dapat diukur melalui Key Performance Indicators (KPI) yang dirumuskan berdasarkan objektif bisnis. WWMusik Malang, sebuah toko retail alat musik yang telah beroperasi sejak tahun 1994, hingga kini belum pernah memanfaatkan data transaksinya untuk menganalisis performa toko. Pengambilan keputusan manajerial hanya bergantung pada intuisi dan pengalaman. Hal ini menjadi hambatan, sebab proses pengambilan keputusan tidak didukung oleh data. Penelitian ini mengusulkan pengembangan dashboard Business Intelligence (BI) untuk memantau kinerja berdasarkan KPI. BI dirancang menggunakan metode four-step design methodology yang diperkenalkan oleh Kimball, termasuk salah satu tahapannya yaitu pengembangan data warehouse. Data operasional terlebih dahulu melalui tahapan Extract-Transform-Load (ETL) menggunakan Talend Open Studio, kemudian dimuat dalam Data warehouse dengan mekanisme penjadwalan pemutakhiran data setiap minggunya. Data warehouse menjadi sumber data utama dari komponen visualisasi pada dashboard, yang ditentukan berdasarkan tingkat krusial KPI oleh CEO perusahaan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan kriteria SMART. Dashboard diimplementasikan menggunakan Microsoft Power BI dengan koneksi ODBC dan On-Premises data gateway untuk melakukan pembaharuan semantic model. Hasil dari implementasi dashboard diuji menggunakan metode pengujian usability DATUS. Hasil pengujian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang relatif tinggi, dengan skor keseluruhan 89,6 dari 100, dan interpretasi dari nilai rata-rata yang memuaskan
Copyrights © 2025