Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran interaktif untuk menggali bahasa, sastra, dan adab Melayu. Fokus utama adalah mengatasi kekurangan media pembelajaran yang kurang interaktif dalam menyajikan informasi edukatif mengenai Suku Melayu, terutama terkait bahasa, sastra, dan adab, yang saat ini menghadapi tantangan pelestarian. Penggunaan metode Kanban, dengan enam tahapan seperti visualisasi, pembatasan tahapan, pengelolaan alur, penetapan kebijakan, implementasi feedback loops, dan peningkatan kolaboratif, diintegrasikan dalam pengembangan aplikasi ini. Hasil uji alpha testing menunjukkan bahwa semua fitur pada multimedia interaktif ini berjalan dengan baik, sementara hasil uji beta testing terhadap aplikasi yang dibuat menunjukkan respon positif dari pengguna, dengan nilai akhir mencapai 4,56 dari skala 5 dari 20 Responden. Aplikasi ini berpotensi meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap Suku Melayu, memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian bahasa, sastra, dan adab Melayu. Keberhasilan ini menjadikan aplikasi multimedia interaktif ini dianggap efektif dan layak digunakan dalam mendukung pembelajaran Suku Melayu, khususnya dalam konteks bahasa, sastra, dan adab. Hasil ini juga menunjukkan bahwa pendekatan dengan metode Kanban dapat membawa dampak positif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna, berpotensi meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap warisan budaya Suku Melayu.
Copyrights © 2024