Pola tidur merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena dengan tidur seseorang dapat mengistirahatkan tubuh setelah Lelah beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola tidur dengan konsentrasi belajar siswa di SMK Yayasan Pharmasi Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan deksriptif kuantitatif dengan menerapkan metode survei dan tes grid. Populasi pada penelitian ini berjumlah 128 siswa yang terbagi dalam 4 kelas masing-masing 32 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan efisiensi waktu serta agar tidak mengganggu administrasi pembelajaran, sehingga dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel sebanyak 65 siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media elektronik sangat mempengaruhi aktivitas sebelum tidur siswa dengan indikator bermain gadget berada pada jumlah terbanyak 29 atau 44,6% siswa bermain gadget sebelum tidur, sehingga hasil ini mempengaruhi konsentrasi belajar siswa dengan kategori buruk 34 atau 52.3%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pola tidur dengan konsentrasi belajar siswa SMK Yayasan Pharmasi Semarang.
Copyrights © 2024