Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pancasila pada kegitan ekstrakulikuler pramuka di SDN Madyopuro 4 Kota Malang .Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek yang terliput yaitu pembina pramuka,siswa pramuka golongan siaga .Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi,wawancara serta dokumntasi .Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pancasila bagi golongan pramuka siaga menggunakan kerja langsung untuk memunculkan karakter pancasila .Hal ini juga ditunjukan ketika siswa mulai berani tampil ketika mempraktikan bendera semaphore dan baris berbaris sesuai regu yang sudah ditentukan oleh pembina pramuka kemudian bertoleransi sesuai dengan pancasila.Pelaksanaan pendidikan karakter pancasila sudah menerapkan prinsip dasar pramuka yang disertai dengan metode kepramukaan nya adapun hambatan dalam pelaksanaan proses kepramukaan ini yaitu sulit memfokuskan perserta didik kepada pembina pramuka karena peserta didik sering mengabaikan perintah serta evaluasi yang dilakukan dalam kegitan pramuka ini dengan melakukan praktek yang menujukan keberanian dan kepercayaan peserta didik yang menyangkutkan dalam pancasila
Copyrights © 2024