Edukasi mengenai enam langkah mencuci tangan merupakan upaya penting dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik mencuci tangan yang benar pada siswa SDN Sadar Karya, Kecamatan Purwodadi. Evaluasi dilakukan sebelum dan setelah kegiatan untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan praktik mencuci tangan pada siswa. Melalui kegiatan edukasi yang interaktif, diperoleh hasil bahwa sebagian besar siswa mampu menyebutkan enam langkah mencuci tangan dan menunjukkan peningkatan dalam praktik mencuci tangan setelah diberikan intervensi. Temuan ini menunjukkan pentingnya edukasi berkelanjutan untuk membentuk kebiasaan mencuci tangan yang baik sejak dini.
Copyrights © 2024