Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 2 (2024)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA : APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING MODEL USING CANVA MEDIA TO IMPROVE DRAMA TEXT WRITING SKILLS

Aprilia, Rossa Regita (Unknown)
Sutama, I Made (Unknown)
Sriasih, Sang Ayu Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model project based learning, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng terhadap penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes, dan angket/kuisioner. Temuan penelitian menunjukkan penerapan model project based learning berhasil dilaksanakan mulai dari penentuan proyek, penentuan jadwal penyelesaian, memonitorimg siswa, presentasi proyek serta evaluasi, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan rata-rata ketuntasan siswa pada saat observasi awal sebesar 63. Pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 71,02 dengan kategori kurang positif dan meningkat pada siklus II pemerolehan skor rata-rata sebesar 82,2 dengan kategori positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...