Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 3 (2024)

PENGGUNAAN FILM PENDEK KISAH INSPIRATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN : THE USE OF INSPIRATIONAL SHORT FILM STORIES IN IMPROVING SHORT STORY WRITING SKILLS

Ginting, Dios Kaspari (Unknown)
Darmayanti, Ida Ayu Made (Unknown)
Nurjaya, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media film pendek kisah inspiratif dalam pembelajaran menulis teks cerpen, peningkatan hasil belajar  siswa, dan respons siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Singaraja dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan film pendek kisah inspiratif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Temuan penelitian menunjukkan penggunaan video narasi pendek inspiratif dalam pembelajaran menulis teks cerpen menekankan pada persiapan media dan pengelolaan kelas yang efektif. Penggunaan film-film tersebut membantu siswa menjadi lebih mahir dalam menulis cerita pendek. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 60 (cukup). Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,40 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,28. Siswa memberikan respons yang baik terhadap penggunaan media film pendek inspiratif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...