Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 3 (2024)

PENERAPAN MODEL FIELD TRIP BERBANTUAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: APPLICATION OF FIELD TRIP MODEL ASSISTED BY BOOKLET TO IMPROVE THE ABILITY TO WRITING OBSERVATION REPORT TEXTS

Adinugraha, Sang Ketut Puja (Unknown)
Sutama, I Made (Unknown)
Martha, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi belum optimal, sehingga diterapkan model field trip berbantuan booklet sebagai solusi alternatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan model tersebut, kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi, dan respons siswa terhadap penerapannya. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X-F SMA Negeri 2 Semarapura tahun pelajaran 2023/2024 semester ganjil. Data dikumpulkan melalui observasi, penugasan, tes, dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model field trip berbantuan booklet dapat dilakukan dalam dua pertemuan. Pertemuan pertama meliputi empat langkah: persiapan, pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Pertemuan kedua melibatkan tiga langkah: pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Setelah penerapan, kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi meningkat. Respons siswa terhadap model ini tergolong “sangat positif.” Kesimpulannya, model field trip berbantuan booklet efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, baik oleh guru dalam pembelajaran rutin maupun calon guru saat praktik mengajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...