Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 2 (2024)

PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR : USING THE YOUTUBE CHANNEL “IDETRIK” TO IMPROVE THE ABILITY TO WRITING PROCEDURE TEXTS

Cahyani, Kadek Putri (Unknown)
Darmayanti, Ida Ayu Made (Unknown)
Nurjaya, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penggunaan media Youtube untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur,  siswa di kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja dan mengetahui respons siswa terhadap penerapan Youtube Channel “Idetrik” dalam pembelajaran teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas IX. F SMP Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan dan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,5 (cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,1 (baik). Terjadi peningkatan sebesar 12,6%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 18,4 (positif) dan pada siklus II sebesar 25,5 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap penggunaan Youtube Channel “Idetrik” tergolong positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...