PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): PENDALAS

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK (AUTHENTIC LEARNING) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 PADANG PANJANG BARAT

Hasanah (Unknown)
Rahman, Taufik (Unknown)
Sartika, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Model pembelajaran autentik merupakan salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan dalam kurikulum merdeka. Salah satu sekolah di Padang Panjang yang sudah menerapkan model pembelajaran autentik adalah SD Negeri 1 Padang Panjang Barat. Untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran autentik ini diterapkan untuk itulah penelitian ini dilaksanakan. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deksriptif. Adapun lokasi untuk penelitian ini di SD Negeri 1 Padang Panjang Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian menggunakan Ketegasan (Confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI selalu memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan materi, tidak sekedar menggunakan buku paket sebagai referensi dalam belajar dan mengajar siswa, tempat belajar tidak hanya didalam kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sudah menggunakan metode diskusi untuk melihat kemampuan berpikir siswa. Serta selalu memberikan bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat adalah banyaknya siswa yang berasal dari keluarga Broken Home sehingga menghambat motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran ini adalah sekolah menyediakan belajar yang banyak bagi guru dalam mengajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...