Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cidokom 03 pada kelas IV yang diambil semple sebanyak 33 siswa dari jumlah populasi 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed metode (Metode Campuran) deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu Translation, Interpretation dan Exstrapolasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebanyak 10 butir soal essay pada materi FPB dan KPK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 64.40% termasuk ke dalam kategori sedang. Urutan penguasaan berdasarkan indikator mulai dari prolehan tertinggi indikator translation 7,51%, indikator interpretation 6,54%, dan prolehan indikator terendah ekstrapolasi 2,00%. Sehingga secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata pencapaian indikator adalah 5,35% dengan kategori cukup. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini di sebabkan karena faktor dari diri individu itu sendiri dan faktor keluarga dan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, FPB dan KPK
Copyrights © 2023