Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Materi FPB Dan KPK di Sekolah Dasar

Fujianti, Fahda (Unknown)
Fauzan, Fauzan (Unknown)
Arifin, Fatkhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cidokom 03 pada kelas IV yang diambil semple sebanyak 33 siswa dari jumlah populasi 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed metode (Metode Campuran) deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu Translation, Interpretation dan Exstrapolasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebanyak 10 butir soal essay pada materi FPB dan KPK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 64.40% termasuk ke dalam kategori sedang. Urutan penguasaan berdasarkan indikator mulai dari prolehan tertinggi indikator translation 7,51%, indikator interpretation 6,54%, dan prolehan indikator terendah ekstrapolasi 2,00%. Sehingga secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata pencapaian indikator adalah 5,35% dengan kategori cukup. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini di sebabkan karena faktor dari diri individu itu sendiri dan faktor keluarga dan lingkungan sekolah.    Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, FPB dan KPK

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...