Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 2) efektivitas model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 3) model pembelajaran yang lebih efektif diantara model pembelajaran missouri mathematics project dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen yang didesain dalam bentuk pre-post test control group design, dilakukan pada siswa kelas VIII A dan VIII DSMPN 1 Berbah. Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini yaitu 1) model pembelajaran missouri mathematics project efektif pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 2) model pembelajaran konvensional efektif pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 3) model pembelajaran missouri mathematics project lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: missouri mathematics project, pemecahan masalah, motivasi belajar Abstract: This study aimed to determine: 1) the effectiveness of the missouri mathematics project learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 2) the effectiveness of the conventional learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 3) a more effective learning model between the missouri mathematics project learning model and the conventional learning model on polyhedron material of problem solving abilities and student learning motivation. This type of research is a quasi-experimental design in the form of pre-postest control group design, carried out on class VIII A and VIII D SMPN 1 Berbah students. There are 3 hypotheses in this study, hypothesis testing using manova with a significance level of 0,05. The results of this study is 1) the missouri mathematics project learning model is effective on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 2) the conventional learning model is effective on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 3) the missouri mathematics project learning model is more effective than the conventional learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation. Keywords: missouri mathematics project, problem solving, learning motivation.
Copyrights © 2024