Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2024: SNTIKI 16

Analisis Business Model Canvas dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy pada Perusahaan Penerbitan

Muttakin, Fitriani (Unknown)
Monalisa, Siti (Unknown)
Saputra, Eki (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Perkembangan era Industri 4.0 semakin meningkatkan persaingan bisnis. Proses membangun sebuah bisnis membutuhkan konsep, model bisnis dan strategi yang tepat bagi perusahaan, sehingga dapat menjadi tolak ukur dalam pengembangannya menjadi bisnis yang dinamis. Model bisnis yang dibutuhkan dipengaruhi beberapa faktor, antara lain  pelanggan, biaya transaksi, dan juga persaingan. Business Model Canvas merupakan salah satu model bisnis berbentuk skema sembilan blok yang dapat digunakan untuk mengkonsep bisnis menjadi lebih sederhana dalam mendeskripsikan proses bisnis perusahaan, agar dapat lebih mempermudah dan bisa dimanfaatkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Perusahaan yang bergerak sebagai pemasok alat kebutuhan Pendidikan dapat menggunakan strategi sembilan blok ini dengan penguatan Blue Ocean Strategy, sehingga menghasilkan strategi yang menonjolkan kelebihan Perusahaan  untuk menguasai produksi dan pemasaran serta penguasaan pasar karena para pesaing belum memasuki daerah yang perusahaan kuasai saat ini. kedua konsep ini dapat diintegrasikan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif yang kuat bagi perusahaan. Kata kunci: Proses Bisnis, Business Model Canvas, Blue Ocean Strategy, Pemasaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...