Sari Pediatri
Vol 10, No 5 (2009)

Pengalaman Klinik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tingkat V di Departemen Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta

Irene Irene (Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta)
Soepardi Soedibyo (Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta)
Hindra I. Satari (Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI, RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Latar belakang. Evaluasi yang berkesinambungan mengenai komponen-komponen dalam proses pembelajarandi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mutlak dibutuhkan, yang berguna untukmelakukan perbaikan dan pengembangan yang dianggap perlu.Tujuan. Membahas tentang paparan mahasiswa FKUI klinik terhadap kasus dan prosedur inti bidangpediatri selama menjalani rotasi di Departemen Ilmu Kesehatan Anak (IKA), serta mengetahui persepsimereka mengenai peran supervisor.Metode. Penelitian merupakan survei, deskriptif, potong lintang pada mahasiswa FKUI tingkat V tahunajaran 2007–2008, yang telah melalui rotasi kepaniteraan IKA.Hasil. Lebih 50% dari 160 mahasiswa pernah menghadapi 10 dari 55 kasus yang terdapat dalam daftarkasus inti secara mandiri dan atau bersama-sama setidaknya satu kali. Lebih dari 50% mahasiswa pernahmelakukan 7 dari 17 prosedur inti secara mandiri dan atau asistensi setidaknya satu kali. Lebih dari 50%mahasiswa setuju dengan cara mengajar supervisor, dan menilai bahwa hubungan supervisor dengan mahasiswaadalah baik.Kesimpulan. Paparan mahasiswa terhadap kasus dan prosedur inti bidang pediatri masih rendah. Rataratamahasiswa setuju dengan cara mengajar supervisor, dan menilai bahwa hubungan supervisor denganmahasiswa adalah baik.

Copyrights © 2009