JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 11 (2025): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi

Analisis Dan Prediksi Rating Game Berdasarkan Review Pengguna Steam Menggunakan Algoritma K–Nearest Neighbor

Fansyuri, Maulana (Unknown)
Hanif, Abdul (Unknown)
Routya Faizan, Alfreza (Unknown)
Nata Pratama, Fadhil (Unknown)
Aulia Rahman, Verrel (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Industri game digital terus berkembang pesat, dengan platform seperti Steam yang menawarkan ribuan game kepada jutaan pengguna. Namun banyaknya pilihan  membuat pengguna kesulitan menemukan game yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memprediksi rekomendasi pengguna untuk rating game di Steam menggunakan algoritma K-nearest neighbour (KNN). Kumpulan data yang digunakan terdiri dari 2.800 review pengguna terhadap 7 game yang diperoleh dari Kaggle.com. Melakukan proses pengolahan data  secara sistematis, meliputi pembersihan data, transformasi teks, dan segmentasi data menjadi data latih dan data uji. Algoritma KNN dengan  k=5 diimplementasikan menggunakan software RapidMiner yang mendukung analisis data halus dengan metode non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma KNN dapat memprediksi statistik permainan dengan akurat. Penggunaan pemrosesan data terstruktur dan  perangkat lunak pendukung menghasilkan model  klasifikasi label berpemilik. Selain itu, penelitian ini menunjukkan potensi pengembangan model lebih lanjut dengan memperluas kumpulan data, memasukkan lebih banyak variabel, dan membandingkan berbagai variabel untuk penilaian kinerja. Selain memberikan solusi praktis, penelitian ini juga memberikan kerangka teoritis untuk penerapan algoritma KNN pada sistem rekomendasi big data, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengeksplorasi game baru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...