Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (November - Desember 2024)

Customer Satisfaction pada Omnichannel Kosmetik di Sociolla: Studi Kasus

Yossie Giodita Jenifer (Unknown)
Jacob Donald Tan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Peningkatan penggunaan skincare dan kosmetik mendorong pertumbuhan industri kecantikan, termasuk pada bidang retail. Teknologi yang semakin berkembang juga mengubah cara konsumen untuk berbelanja sehingga tidak hanya melalui satu channel saja, namun dapat dilakukan melalui berbagai channel yang terintegrasi antar channel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi terhadap customer satisfaction pada omnichannel kosmetik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-structured terhadap 6 konsumen Sociolla yang melakukan pembelian pada toko fisik, online, bahkan keduanya. Berdasarkan temuan penelitian dan wawancara, diperoleh hasil 10 faktor yang dapat membawa dampak bagi customer satisfaction pada omnichannel kosmetik, yakni (1) kemudahan akses toko fisik, (2) produk beragam dan lengkap, (3) penetapan harga setara kompetitif, (4) promosi agresif, (5) penataan rapi dan lighting baik, (6) staf responsif, (7) aplikasi SOCO,(8) metode pembayaran lengkap, (9) kemasan pengiriman rapi dan aman, dan (10) waktu pengiriman sesuai estimasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEMSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), ISSN 2686-5238 (online) dan ISSN 2686-4916 (print), merupakan jurnal penelitian manajemen dan sistem informasi yang diterbitkan sejak tahun 2019 oleh Dinasti Publisher. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para ...