Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi topik yang sangat relevan dalam dunia bisnis saat ini, baik untuk perusahaan besar maupun kecil. Artikel ini membahas penerapan AI dalam manajemen SDM internasional (IHRM), pentingnya analitik data dalam penggunaan AI, dan bagaimana teknologi saat ini dapat mengembangkan praktik-praktik SDM. Melalui pendekatan analisis teori dan diskusi praktis, artikel ini mengeksplorasi strategi-strategi yang dapat diterapkan dalam mengintegrasi AI pada IHRM yang dianggap sebagai terobosan signifikan, dan memberikan peluang untuk memenangkan persaingan global. Dalam konteks transformasi global, perusahaan seperti IBM menunjukan bahwa solusi AI dapat diselenggarakan dengan peraturan internasional dan lokal, seperti GDPR di Eropa guna memastikan operasi SDM yang berlaku di seluruh dunia, baik IBM maupun Google telah memanfaatkan AI sebagai salah satu sarana untuk karyawannya. Transparansi dan akuntabilitas dalam interaksi AI-Manusia menjadi fokus utama, dengan fokus pada pengurangan bias dalam pengambilan keputusan. Secara keseluruhan, kehadiran AI dalam manajemen SDM tidak hanya menawarkan kemudahan dan efisiensi, tetapi juga membawa perubahan signifikan dalam budaya dan gaya kerja perusahaan yang menjadikannya alat berharga di era digital ini.
Copyrights © 2024