Upaya untuk meningkatkan literasi anak dibutuhkan media yang mampu merangsang anak untuk berinisiatif dan aktif. Media scrapbook yang dapat memicu anak berinisiatif dan semangat berliterasi. Permasalahan yang terjadi rendahnya kemampuan literasi prabaca pada anak usia dini seperti belum mengenal beberapa huruf dan dalam menyusun hurup. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart memfokuskan pembelajaran secara terus menerus di setiap siklus. Instrumennya tes dan observasi. Subjeknya anak 5-6 tahun kelas A TK Plus Bina Insani. Hasil analisis data bahwa dengan kerjasama guru dalam berkinerja dalam media scrapbook dapat meningkatkan literasi anak. Mengenal huruf: Siklus I dengan 19%, (MB) 45,41%, (BSH) 45,40%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 9,09%, (BSH) 72,72% dan (BSB) 18,19%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 45,44% dan (BSB) 54,56%. Menyebutan huruf: Siklus I (BB) 18,18%, (MB) sebesar 18,18%, (BSH) 63,64%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 72,76% dan (BSB) 0%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 90,9% dan (BSB) 9,1%. Menyusun huruf: Siklus I (BB) 27,27%, (MB) 63,63%, (BSH) 9,1%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 9,09%, (MB) 45,45 (BSH) 36,36% dan (BSB) 9,09%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 36,36% dan (BSB) sebesar 36,37%. Kata kunci : Literasi anak, media scrapbook, aktivitas belajar
Copyrights © 2024