COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 6 (2024)

Penerapan model survey, question, read, recite, review (SQ3R) berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar kelas IV

Nurhasanah, Yeni (Unknown)
Setiyadi, Ruli (Unknown)
Susanti, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam pembelajaran menggunakan model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Metode dalam penelitian ini adalah metode Mixed Method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri Cipada yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk test (pretetst-posttest) dan teknik kualitatif berupa observasi, lembar angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Sebelum menggunakan model SQ3R nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57 dan setelah menggunakan model ini meningkat menjadi 84. hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model SQ3R. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain, menunjukan peningkatan pembelajaran siswa dalam kemampuan membaca pemahaman, yaitu dapat dilihat dari hasil N-Gain yaitu 0,6751 termasuk kategori sedang dan untuk presentasi efektivitasnya mencapai 56,77% termasuk kriteria cukup efektif. Maka hasil dari penelitian ini menyatakan, bahwa model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Kata kunci : Model pembelajaran SQ3R, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...