Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif di SMK Turen, Malang. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran quantum teaching dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKRO 1 yang terdiri dari 32 orang laki-laki. Tahap planning, action, observation, dan reflection merupakan bagian dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dalam penelitian ini. Telaah data memanfaatkan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan posttest dan lembar pengamatan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa menggunakan metode quantum teaching bisa meningkatkan motivasi siswa dan prestasi belajar. Metode pembelajaran quantum teaching diterapkan dengan memberikan kesempatan siswa untuk aktif menyampaikan pendapatnya tanpa rasa takut kalau pendapatnya itu salah atau benar dan mengkomunikasikan ide-idenya yang dilakukan sehingga mengurangi siswa merasa bosan ataupun malas dalam mengikuti pembelajaran. Sebelum dilakukan tindakan, prestasi belajar kognitif siswa sebesar 57,68%, setelah diterapkan tindakan di siklus I meningkat 63,33%, dan siklus II meningkat 84,37%. Motivasi siswa belajar sebelum penelitian 50%, meningkat di siklus I 70,83%, dan siklus II 86,72%. Dengan hasil ini, penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching diharapkan akan berfungsi sebagai tolak ukur untuk metode pembelajaran mutakhir lainnya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.
Copyrights © 2024